Cara Membaca Kode Pada Ban Mobil

Semua orang tanpa terkecuali tentu setuju bahwa ban memiliki peran sangat vital dalam menunjang kinerja kendaraan. Tidak terkecuali untuk mobil, sehingga perlu dipilih dengan seksama sekaligus tidak perlu ragu untuk berinvestasi lebih. Ban yang bagus memang rata-rata punya  bandrol tinggi, apalagi jika mereknya sudah terkenal. Namun, untuk mendapatkan ban yang bagus Anda juga wajib untuk mengetahui bagaimana cara membaca kode pada ban mobil.

Kode Ban Mobil

Cermat Membaca Kode Pada Ban Mobil

Namun, tidak peduli semahal apapun ban mobil yang dipilih. Tidak peduli pula seberapa terkenal merek dan pabrik pembuat ban tersebut. Ketika tidak disesuaikan dengan type atau mungkin spesifikasi dari mobil yang dimiliki. Sudah tentu akan berakibat fatal, mulai dari ban yang mudah rusak sampai kerusakan pada mesin akibat pengaruh ban yang salah tadi.

Bagi Anda yang merasa kesulitan dalam membaca kode ban pada ban mobil dimana semua informasi penting terkait ban tersebut berada. Maka bisa mencoba mempelajarinya, sebab deretan angka sampai huruf di tapak atau permukaan ban bukan sekedar hiasan. Semua deretan angka dan huruf tersebut memiliki artinya sendiri-sendiri.

Sebagai contoh untuk ban dengan kode 205/65R15 95H, semua deretan angka dan huruf tersebut memiliki arti sebagai berikut:

  • 205 menunjukan ukuran lebar dari ban bagian dalam, menggunakan satuan milimeter.

  • Angka 65 menunjukan rasio perbandingan antara lebar ban dengan tinggi ban, yakni di angka 65%.

  • Huruf R menunjukan konstruksi ban, sebab huruf R ini mengacu pada konstruksi radial.

  • Angka 15 pada tapak ban mengacu pada diameter velg yang disarankan, yakni dalam satuan inchi (artinya 15 inchi).

  • Angka dan huruf 95H sendiri mengacu pada beban maksimal yang bisa ditanggung oleh ban tersebut. Kode 95 mengarah pada beban seberat 690 kg, sedangkan huruf H mengarah pada kecepatan maksimum di angka 210 km per jam.

Kode lain yang biasa tercantum pada body ban adalah tanggal produksi ban tersebut, kode tersebut bisa di jadikan pertimbangan saat akan mengganti ban. Khusus untuk tanda ini biasanya setiap pabrikan ban memiliki kode unik tersendiri. Sebagai contoh kode 1913, artinya ban diproduksi pada minggu ke-19 di tahun 2013.

Dengan membaca kode pada ban mobil yang berada di permukaan ban membantu memilih ban yang sesuai kebutuhan dan memastikan ban tersebut punya kinerja optimal. Maka jangan lagi sembarangan dalam memilih ban mobil.

Tinggalkan Balasan