Cara Merawat Ban Mobil Agar Lebih Awet

Seperti yang kita ketahui, ban merupakan salah satu komponen kaki-kaki mobil yang memiliki peranan penting. Apabila ban mobil mengalami kerusakan dalam perjalanan, maka bisa saja akan berdampak pada keselamatan Anda saat berkendara. Tentu hal ini tidak diinginkan siapapun, mungkin termasuk juga Anda. Oleh karenanya, pastikan Anda selalu menjaga kondisi ban Anda agar lebih awet dan aman saat digunakan. Berikut ini cara merawat ban mobil yang bisa Anda terapkan.

 Merawat Ban Mobil

Cara Merawat Ban Mobil

  • Komposisi ban yang ideal

Setiap orang pasti sudah mengenal bahwa ban mobil terdiri dari tiga bagian yaitu velg, ban dalam, dan ban luar. Namun dewasa ini, banyak dari para pengendara mobil memodifikasi ban mobilnya terutama bagian velg dan juga penggantian ban yang lebih besar dari standar pabrik dengan alasan modis dan seringkali terlupa akan komposisi ban yang ideal.

Hal ini akan menyebabkan masalah pada kenyamanan, karena akan meningkatkan tingkat kebisingan akibat diameter ban yang lebih besar dari standar pabrik, akibat lain yang terjadi adalah borosnya penggunaan BBM. Karena itu, disarankan agar pengendara atau pemilik mobil memodifikasi ban mobilnya sesuai dengan ukuran standar pabrik agar kenyamanan tetap terjaga.

Tips Merawat Ban Mobil
  • Periksa kondisi ban secara berkala

Ada baiknya jika pengendara sering memeriksa kondisi ban, apakah masih layak pakai atau sudah mengalami kebotakan. Sebaiknya pemeriksaan ban dilakukan setiap hari sebelum berkendara. Jika kondisi ban luar sudah mengalami kebotakan, maka ban harus segera diganti dengan yang baru. Hal lain yang perlu diperiksa adalah tekanan angin pada ban, pastikan bahwa tekanan angin sudah ideal sebelum berkendara.

  • Tidak berlebihan membawa barang bawaan

Dalam membawa barang bawaan, pengendara disarankan agar tidak berlebihan membawa barang, karena akan mengurangi kenyamanan dalam berkendara atau bahkan mengganggu kenyamanan orang lain saat dijalan raya. Selain itu, barang bawaan yang berlebihan akan menambah beban pada mobil, sehingga akan mempengaruhi stabilitas dan kondisi ban.

  • Menghindari jalan yang rusak

Permukaan jalan yang rusak dan berlubang akan berpotensi menyebabkan kerusakan pada ban. Apalagi jika mobil dikendarai dengan laju kecepatan tinggi. Sehingga pengendara perlu cermat dalam memilih jalan.

  • Pergantian posisi ban

Dalam mengendarai sebuah mobil, ada waktu untuk melakukan pergantian posisi ban atau merotasi posisi ban. Seperti misalnya ban depan digantikan dengan ban belakang, dan sebaliknya. Hal ini dilakukan karena ban depan bekerja cukup keras karena membantu menahan saat posisi pengereman sehingga perlu dilakukan pergantian posisi ban.

  • Rajin melakukan servis rutin

Hal yang terakhir adalah servis rutin kendaraan. Usahakan agar pengendara atau pemilik mobil selalu rutin membawa mobilnya ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan dari interior dan eksterior  termasuk kaki-kaki mobil maupun ban mobil.

Tinggalkan Balasan