Pakai Velg Mobil Buatan China, Amankah?

Velg mobil buatan China aman untuk digunakan? Velg sudah menjadi hal yang lumrah bagi pemilik atau pengendara mobil. Velg mobil adalah bagian daripada roda mobil yang merupakan salah satu komponen penting dalam mobil. Biasanya orang-orang hanya mengenal beberapa velg berkulitas dan sudah terjamin termasuk keawetannya.

Velg Mobil Buatan China

Beberapa velg yang sudah terkenal berasal dari Eropa, Amerika sebut saja misalnya HRE, Vossen, dan Work Equip yang berasal dari Negeri Paman Sam. Sedangkan beberapa contoh velg pabrikan Eropa adalah Borbet, dan BBS. Merek-merek tersebut tentu sudah tidak asing lagi bagi pemilik mobil.

Namun, dewasa ini seiring perkembangan zaman yang pesat negara Tiongkok atau China atau dikenal sebagai Negeri Tirai Bambu telah menjadi negara yang kuat dalam bidang ekonomi dan teknologi terutama memproduksi barang-barang yang berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau alias ringan di kantong, termasuk dalam hal ini memproduksi Velg mobil yang harganya tentu lebih terjangkau dari pada buatan Eropa dan Amerika.

Apakah Velg tersebut aman digunakan? apakah kualitasnya sudah terjamin? Berikut ini adalah ulasannya.

Velg Replika dan Velg Tiruan

Suatu hal yang masih menjadi perdebatan adalah mengenai Velg replika dan Velg tiruan. Mungkin kesannya sama. Namun stigma tersebut salah karena kenyataan terhadap kedua hal tersebut sangatlah berbeda.

Velg tiruan merupakan velg produksi China yang meniru merek dan desain serta logo daripada velg yang sudah ternama namun harga dan kualitasnya tidak seperti velg yang telah ditiru. Misalnya, Velg tiruan terhadap Velg buatan Jepang yaitu ‘Enkei’ menjadi ‘Enkie’.

Hal ini bisa menipu beberapa konsumen untuk membeli produk tiruan tersebut karena harganya murah dan mengira bahwa velg tersebut benar-benar asli. Lain halnya dengan Velg Replika, velg replika memang meniru desain dari pada brand velg ternama namun produsen velg replika tidak meniru merek brand ternama tersebut.

Misalnya, salah satu brand Velg Replika asal Filipina yaitu XXR yang merupakan plagiarisme desain dan model dari produsen Velg BBS asal Eropa. Tetapi XXR tidak memplagiarisme secara total karena XXR hanya terinspirasi dari BBS.

Amankah Menggunakan Velg Mobil Buatan China

Lanjutan mengenai kualitas keamanan dan terjaminnya velg mobil buatan China adalah dapat diukur dari tanda standar lisensi kelayakan. Jika brand velg sudah memiliki lisensi tersebut maka artinya velg tersebut sudah lulus uji dan dapat dijamin kualitas dan keamanannya.

Salah satu brand velg asal Negeri China yang kualitasnya sudah cukup baik adalah HSR Wheel, velg HSR ini tentu saja lebih murah dibandingkan velg produksi Eropa, Amerika, dan Jepang dan berita baiknya adalah Velg ini sudah mendapatkan lisensi dari Badan Standarisasi Nasional (BSN) yang artinya sudah memenuhi kualitas Standar Nasional Indonesia (SNI). Sehingga HSR Wheel merupakan Velg asal China sudah dapat dijamin keamanan dan kualitasnya.

Tinggalkan Balasan