Kapan Waktu Yang Tepat Rotasi Ban Mobil

Memaksimalkan daya cengkeram ban mobil kesayangan bisa dengan melakukan rotasi ban mobil tersebut secara berkala, selain itu juga membuat ban lebih awet. Rotasi dilakukan untuk memastikan ban mobil memiliki daya cengkeram yang baik sehingga tidak mudah selip bahkan ketika melaju di jalanan yang licin.

Rotasi Ban Mobil

Kapan Rotasi Ban Mobil Musti Dilakukan?

Namun, sudahkah mengetahui kapan rotasi ban mobil musti dilakukan? Bagi siapa saja yang cukup awam dengan dunia otomotif kemungkinan akan mengalami kesulitan menentukan jadwal rotasi. Berbeda dengan pemilik mobil yang kebetulan paham dunia otomotif dan berani melakukan otak-atik sendiri.

Tak perlu bingung, karena rotasi ban bisa diserahkan kepada mekanik di bengkel kesayangan. Hanya saja mengetahui jadwal rotasi mobil dengan baik bisa memberikan perawatan maksimal pada mobil. Khususnya pada ban mobil agar awet dan performanya maksimal untuk menopang bobot mobil dan membuatnya melaju dengan lancar.

Jika membahas masalah jadwal rotasi ban, maka ada beberapa sumber yang menyatakan pendapat berbeda. Salah satu sumber mengungkapkan, rotasi bisa dilakukan setelah mobil melalui 5.000 km dan seterusnya. Namun, sumber yang lain mengungkapkan rotasi bisa dilakukan per 10.000 km dan bersamaan dengan balancing dan spooring.

Rupanya, rotasi yang dilakukan per 5.000 km bisa menjadi tindakan preventif yakni mencegah hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Sebab bisa jadi jadwal rotasi ban terbilang terlambat sehingga ban mobil lebih cepat aus. Paling parah adalah mobil selip sehingga berpotensi mengalami kecelakaan.

Sedangkan untuk rotasi yang dilakukan per 10.000 dan dilakukan bersamaan saat balancing dan spooring juga tidak salah. Pasalnya ketika balancing dan spooring dilakukan bersamaan dengan rotasi ban maka akan membuat kinerja ban lebih maksimal. Kabarnya  ban juga menjadi lebih awet, meskipun pemilik mobil musti keluar dana ganda. Yakni untuk rotasi dan balancing maupun spooring.

Kedua pendapat tersebut tentu tidak keliru sebab disampaikan oleh para ahli di bidang otomotif kendaraan roda empat. Point utamanya adalah disesuaikan dengan kebutuhan, jika ingin melakukan pencegahan. Maka rotasi ban bisa dilakukan per 5.000 km atau sebaliknya.

Tinggalkan Balasan