Yang Perlu Dilakukan Dalam Merawat Mobil

Siapapun pasti ingin mobilnya awet dan tahan lama. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan harga jual mobil supaya tetap tinggi. Untuk meraih tujuan tersebut, mobil harus dirawat secara rutin baik di rumah maupun di bengkel resmi. Mungkin beberapa orang masih belum memahami beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat mobil. Namun tak perlu khawatir, Anda bisa menyimak ulasan berikut dengan penjelasan yang detail.

Tips Merawat Ban Mobil

Yang Perlu Dilakukan Untuk Merawat Mobil

  • Mengecek oli
Merawat Mobil - Check Oli Mobil

Ada ketentuan yang harus diikuti dalam mengecek oli, bahwa oli harus diganti tiap 5.000-10.000 km. Penggantian oli secara rutin dan berkala akan membuat mesin mobil bekerja dengan maksimal. Bagaimana cara mengetahui oli mobil sudah ahrus diganti? Coba teteskan sedikit oli di telapak tangan Anda dan rasakan apakah ada serpihan-serpihan halus terasa. Serpihan itu merupakan kotoran, jadi jika terdapat serpohan-serpihan oitu, pastikan segera mengganti oli mobil.

  • Mengisi air radiator dan air wiper
Cara Merawat Mobil - Mengisi air radiator dan air wiper

Fungsi utama air radiator yakni untuk mendinginkan mesin saat sedang meluncur. Oleh karena itu, pengisian air di tabung radiator akan membuat mesin beroperasi dengan baik. Ketika mengisi air radiator, lebih baik juga mengisi air wiper jika musim hujan. Jangan lupa untuk mengisi semua komponen tersebut dengan air yang bersih.

  • Mengecek aki mobil
Mengecek aki mobil

Aki juga berhubungan dengan air sehingga Anda harus memastikan air aki harus pada level standarnya. Level yang seharusnya diisi air yaitu di antara garis batas penanda. Atau, jika mmemungkinkan, ceklah kondisi aki dengan mengukur tegangannya memlalui voltmeter. Jika terdapat masalah yang tak yakin solusinya, bawalah mobil ke bengkel terdekat.

  • Memeriksa kabel dan lampu
Memeriksa kabel dan lampu

Lampu tampak sepele namun komponen ini penting di saat hari gelap atau hujan. Periksalah kondisi lampu dan kabelnya secara rutin. Jika kabel terputus, lampu mobil akan tampak redup.

  • Pilih bahan bakar yang sesuai
Pilih bahan bakar yang sesuai

Banyak opsi bahan bakar yang disediakan namun pilihlah yang nilai oktannya rendah. Semakin rendah nilai oktan, semakin cepat BBM terbakar sehingga tidak ada residu pada mesin yang mengganggu mesin bekerja. Pada Pertamina, bahan bakar yang memiliki nilai oktan tinggi adalah Pertamax Plus.

  • Panaskan mobil dan cek kondisi ban
Panaskan mobil dan cek kondisi ban

Tiap pagi sebelum meluncur atau tidak, panaskan mobil selama beberapa menit. Selama pemanasan itu lakukan pengecekan terhadap kondisi pada ban mobil, termasuk tekanan angin pada ban.

Nah, mudah bukan? Lakukan seluruhnya dalam merawat mobil secara rutin sehingga membuat performa mobil stabil dan tahan lama.

Tinggalkan Balasan